AEPone

Kelebihan dan Kekurangan Oppo A76, Simak dulu Sebelum Beli!

Kelebihan dan Kekurangan Oppo A76, Simak dulu Sebelum Beli!

AEPone.com – Oppo A series memang menjadi primadona di antara para remaja masa kini. Hal ini tidak lepas dari tampilan bodinya yang memesona dan memesan serta harganya yang terjangkau di kantong. Namun, Oppo A76 sebagai salah satu andalan terbaru Oppo di kuartal pertama 2022, memiliki keunggulan yang lebih istimewa lagi. Lalu bagaimana dengan kelebihan dan kekurangan yang dimiliki Oppo A76?

Dengan harga yang terjangkau, Oppo A76 dapat memberikan pengalaman istimewa yang tak terlupakan. Penasaran dengan kehebatan yang ditawarkan? Simaklah ulasan berikut untuk mengetahui berbagai kelebihan dan kekurangan Oppo A76.

Review Kelebihan dan Kekurangan Oppo A76

Nah, pada artikel kali ini kami akan memberikan sekilas tentang informasi spesifikasi, kelebihan, dan kekurangan hp Oppo A76 tersebu. Yuk baca terus untuk mengetahui selengkapnya.

Spesifikasi Oppo A76

Spesifikasi Oppo A76

  • Layar: IPS LCD 6.56 inci
  • Chipset: Qualcomm Snapdragon 680
  • RAM: 6 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • Kamera: 13 MP (wide) 2 MP (macro)
  • Baterai: Li-Po 5000 mAh

|

Kelebihan Oppo A76

kelebihan dan kekurangan oppo a76

Oppo A76 adalah salah satu pilihan hp Oppo gaming dengan berbagai keunggulan yang dibawanya. Terlebih lagi, ponsel ini membawa chipset gaha dikelasnya. Yuk simak beberapa kelebihan Oppo A76 berikut:

1. Chipset Gahar

Oppo A76 adalah HP seri A terbaru Oppo di kuartal pertama 2022. HP ini ditenagai oleh chipset bertenaga Qualcomm Snapdragon 680 4G dengan konfigurasi octa-core yang terdiri dari empat inti Kryo 265 Gold berbasiskan Cortex A73 (2,4 GHz) dan empat inti Kryo 265 Silver berbasiskan Cortex A53 (1,8 GHz).

Chipset ini dipasarkan untuk kelas harga mid range dengan proses fabrikasi 6 nanometer yang membuatnya cukup efisien dalam menghemat daya baterai. Oppo A76 juga dilengkapi dengan kartu pengolah grafis Adreno 610, menggantikan Snapdragon 662 yang biasanya terdapat di HP entry-level dengan harga 2 jutaan.

Menurut Kimovil.com, kehadiran chipset ini membuat Oppo A76 mampu mencapai skor AnTuTu v9 sekitar 220 ribuan di kelas harganya.

2. Refresh Rate 90 Hz

Oppo A76 menawarkan pengalaman visual yang lebih mulus dan imersif bagi para gamer dan pengguna media sosial. Layar ponsel ini memiliki refresh rate 90 Hz yang 50% lebih cepat dari refresh rate konvensional 60 Hz, dan touch sampling rate 180 Hz yang tinggi.

Selain itu, layar ini juga menawarkan gamut warna 96% NTSC atau 100% DCI-P3 dengan kerapatan piksel 269 ppi dan kedalaman warna 8-bit untuk menghasilkan 16,7 juta warna.

Dengan tingkat kecerahan maksimum 600 nit, Anda dapat menikmati konten dengan jelas bahkan di bawah sinar matahari terik. Oppo A76 adalah pilihan tepat bagi mereka yang mengutamakan kualitas visual dalam aktivitas konsumsi konten.

3. Memori Lega + Expansion RAM

Oppo A76 menghadirkan spesifikasi RAM dan memori internal yang cukup besar untuk menunjang aktivitas pengguna sehari-hari. Dibekali dengan RAM 6 GB dan memori internal UFS 2.2 sebesar 128 GB, yang membuatnya semakin menarik adalah fitur RAM virtual tambahan sebesar 5 GB yang dapat diaktifkan melalui pengaturan software pada perangkat ini.

Dengan fitur Expansion RAM tersebut, total RAM yang dapat Anda nikmati di Oppo A76 menjadi 11 GB, yang dapat memberikan boost tambahan pada kinerja ponsel dan membuatnya lebih responsif saat membuka aplikasi atau bermain game.

4. Baterai 5000 mAh

Oppo A76 menawarkan solusi bagi masalah baterai yang sering menjadi momok bagi pengguna smartphone. Dengan kapasitas baterai 5.000 mAh, Anda dapat menggunakan ponsel ini seharian penuh dalam kondisi normal tanpa khawatir kehabisan baterai.

Ditambah lagi, Oppo A76 memiliki fitur SuperVOOC yang memungkinkan pengisian daya cepat hingga 33W dalam waktu sekitar 1 jam saja. Fitur ini bahkan dapat mengisi baterai dari kosong hingga penuh hanya dalam waktu yang singkat. Terlebih lagi, charger 33W sudah termasuk dalam paket penjualan Oppo A76.

5. Desain yang Memukau

Oppo A76 menawarkan desain bodi yang memukau dengan Oppo Glow yang membuatnya terlihat glossy dan mengkilap. Terdapat dua pilihan warna yang tersedia, yaitu Glowing Black dan Glowing Blue, masing-masing dengan kesan estetik yang berbeda.

Selain itu, desain bodinya yang tipis dan halus juga memungkinkan untuk tidak mudah terkena bekas noda debu atau sidik jari, menjaga tampilan elegannya selalu terjaga sepanjang hari.

Namun, desain yang menawan tersebut bukan hanya sekadar tampilan cantik, melainkan juga dapat menjaga HP dari kerusakan akibat cipratan air ataupun goresan.

Kekurangan Oppo A76

Kekurangan Oppo A76

Sebelum membeli HP ini, penting untuk mengetahui beberapa hal lainnya selain kelebihannya. Simak 5 kekurangan yang dimiliki hp Oppo A76 berikut ini:

1. Resolusi Layar Masih HD+

Jika Anda mencari ponsel di kisaran harga 3 jutaan, mungkin layar Oppo A76 yang masih menggunakan resolusi HD+ alias 720p akan mengecewakan Anda. Tidak seperti sebagian besar smartphone di kelasnya yang sudah menggunakan resolusi layar Full HD+ 1080p yang lebih tajam.

Keputusan Oppo untuk tetap menggunakan resolusi yang rendah ini dapat dianggap sebagai kekurangan. Resolusi yang rendah ini dapat menyebabkan gambar terlihat buram dan terlihat piksel pada beberapa elemen gambar, mengurangi pengalaman menonton film atau acara TV yang maksimal.

2. Tanpa Lensa Ultrawide

Kamera Oppo A76 memang tak dapat dianggap sebagai senjata andalan dalam urusan fotografi, terutama bila dibandingkan dengan ponsel-ponsel lain di kelas harga yang sama. Hanya tersedia dual kamera pada bagian belakang, dengan kamera utama beresolusi 13 MP (f/2.2) yang disokong oleh sensor 1/3.06 inci, serta satu kamera lainnya beresolusi 2 MP (f/2.4) yang berfungsi untuk depth.

HP Oppo ini tidak dilengkapi dengan sensor ultrawide yang biasanya memudahkan dalam mengambil foto kelompok yang terdiri dari banyak orang. Dengan begitu, Anda mungkin akan kesulitan saat berusaha memotretnya menggunakan Oppo A76.

3. Mono Speaker

Oppo A76 mengecewakan dengan hanya menyediakan satu speaker saja di bawah bodi, bukan stereo speaker seperti pada banyak pesaingnya. Hal ini bisa menjadi kelemahan saat ingin menikmati film, karena suaranya tidak akan sebaik ponsel lain yang telah dilengkapi dengan speaker stereo. Namun, kehadiran port jack audio 3.5 mm pada HP ini masih memberi kesempatan bagi pengguna untuk menikmati musik dengan cara yang memuaskan.

4. Tidak ada NFC

Oppo A76 memang hadir dengan konektivitas yang cukup lengkap, mulai dari WiFi dual-band, Bluetooth 5.0, hingga port USB-C 2.0. Namun, sayangnya, HP ini tidak dilengkapi dengan fitur infrared port dan NFC yang sebenarnya sudah menjadi hal yang lumrah di HP-HP kelas menengah ke bawah saat ini.

Bahkan, ada banyak HP dengan harga yang jauh lebih murah dari Oppo A76 yang sudah dibekali dengan fitur NFC, seperti Tecno dan Infinix. Oleh karena itu, jika Anda membutuhkan fitur NFC sebagai sarana transaksi digital yang praktis, mungkin Anda perlu mempertimbangkan kembali pilihan HP Anda.

5. Jaringan Masih LTE/4G

Oppo A76 masih belum siap menghadapi masa depan yang semakin menuntut koneksi jaringan yang cepat, sebab ia hanya dibekali dengan jaringan seluler 4G. Sementara itu, banyak brand HP lainnya sudah menghadirkan konektivitas 5G pada produk-produknya, bahkan pada ponsel dengan harga yang lebih terjangkau.

Sebagai alternatif, Anda dapat mempertimbangkan ponsel lain seperti POCO M4 Pro 5G, Redmi Note 11 5G, atau Samsung Galaxy A22 5G yang sudah mendukung koneksi jaringan 5G di kisaran harga yang sama.

Kesimpulan

Mengutip dari kelebihan dan kekurangan Oppo A76 diatas, ponsel ini tampaknya bukanlah pilihan terbaik di segmen harga 3 jutaan. Dengan layar HD+ yang tertinggal dari kompetitornya di harga yang sama, dan mono speaker yang kurang ideal dalam memberikan pengalaman menonton film, Oppo A76 tidak dapat memenuhi harapan pengguna yang mencari ponsel terbaik.

Masih lagi, Oppo A76 juga kurang unggul dalam hal fotografi karena tidak dilengkapi dengan sensor ultrawide, yang menjadi fitur wajib pada ponsel dengan harga di atas 2 jutaan. Tanpa fitur ini, pengguna tidak dapat menangkap pemandangan secara maksimal.

Namun, Oppo A76 masih menawarkan fitur dan spesifikasi yang menarik, seperti chipset Snapdragon 680 4G dengan fitur Expansion RAM yang memberikan performa yang ringan saat membuka aplikasi atau bermain game. Selain itu, ponsel ini memiliki desain bodi yang cantik dan kokoh, serta baterai yang dapat bertahan sepanjang hari.

Dengan harga rilis Rp3.399.000,-, Oppo A76 dapat menjadi pilihan yang menarik bagi pengguna yang mencari ponsel dengan performa dan desain yang baik, meskipun tidak memiliki fitur ultrawide dan speaker stereo seperti ponsel lain di harga yang sama.

Read Too:  Kelebihan dan Kekurangan Oppo A17, Baca Ini Sebelum Beli!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *