AEPone

Kelebihan dan Kekurangan Oppo A57, Begini Ulasannya!

Kelebihan dan Kekurangan Oppo A57, Begini Ulasannya!

AEPone.com – Bagaimana ulasan kelebihan dan kekurangan Oppo A57?, HP varian A series dari Oppo dengan desain memukau, siap hadir untuk memanjakan penggemar teknologi.

Selain tampilan yang eye-catching, HP ini dilengkapi dengan fitur-fitur unggulan, seperti opsi RAM extension untuk performa yang lebih bertenaga dan SuperVOOC 33W untuk pengisian baterai yang lebih cepat dari biasanya.

10 Kelebihan dan Kekurangan Oppo A57

Dalam waktu dekat, HP ini akan resmi meluncur di Indonesia dengan harga yang cukup bersahabat, yaitu Rp2.399.000. Namun, apakah dengan harga tersebut, Oppo A57 2022 layak menjadi pilihanmu?

Untuk mengetahui jawabannya, mari kita simak beberapa kelebihan dan kekurangan yang di miliki hp Oppo A57 menurut versi kami pada artikel berikut.

Spesifikasi Oppo A57

Spesifikasi Oppo A57

  • Layar: IPS LCD 6.56 inci
  • Chipset: MediaTek Helio G35
  • RAM: 4 GB
  • Memori Internal: 64 GB, 128 GB
  • Kamera: 13 MP (wide) 2 MP (depth)
  • Baterai: Li-Po 5000 mAh

|

Kelebihan Oppo A57

kelebihan dan kekurangan oppo a57

Tak kurang dari enam kelebihan cemerlang yang menjadikan Oppo A57 2022 sebagai ponsel Android terbaru yang layak Anda miliki. Apa saja kelebihan-kelebihan yang dimaksud? Simak penjabarannya di bawah ini.

1. Desain Berkelas

Oppo A57 menawarkan desain mewah dan ramping dengan teknologi ikonik bernama Oppo Glow, yang membuat bagian bodi belakangnya nampak berkilau warnanya sesuai dengan pencahayaan. Lapisan khusus pada bodi belakangnya juga mencegah jamur dan sidik jari menempel, serta tepian bodi yang menonjol untuk melindungi layar saat jatuh.

Bagian depannya tidak terlalu berbeda dengan ponsel Android lainnya, memiliki layar yang cukup lebar dengan kamera depan yang tidak mengganggu, bermodel waterdrop. Sedangkan di bagian belakangnya terdapat dua kamera besar yang minimalistik dan dilengkapi dengan LED Flash.

Selain itu, Oppo A57 memiliki sertifikasi IP54, sehingga lebih aman digunakan ketika beraktifitas. Ukurannya juga mengalami peningkatan, dengan dimensi 163,8 x 75,1 x 8 mm dan berat 186 gram.

2. Hadirkan Durabilitas dengan IP54

Oppo A57 dipromosikan sebagai perangkat yang tahan lama dan bebas khawatir dari goresan. Selain itu, perangkat ini juga dilengkapi dengan kemampuan tahan air dan debu, meski hanya dengan sertifikasi IP5X dan IPX4 yang kemudian digabungkan menjadi IP54.

Meski hanya dengan kemampuan tersebut, Oppo A57 cukup tahan digunakan dari bagian atas dan punya kemampuan tahan debu yang cukup baik untuk kelas harganya. Ponsel dengan kemampuan serupa pada umumnya berada di kelas harga yang lebih mahal, sehingga kehadiran fitur IP54 pada Oppo A57 patut diapresiasi.

3. Layar HD+ dan Finger Print

Produsen Oppo menawarkan hp Oppo gaming dan multitasking dengan layar yang memukau. Layar Oppo A57 2022 memiliki bentang 6,56 inci dengan resolusi HD+ 720 x 1612 piksel dan dukungan teknologi layar yang mumpuni.

Sudut pandang layar yang luas dan tingkat kecerahan yang ideal memudahkan pengguna saat menonton video atau browsing sosial media, bahkan dalam kondisi gelap. Fitur 100% DCI P3, 96% NTSC dan 100% sRGB memberikan tampilan warna yang berimbang dan cerah.

Panel IPS layar HP ini juga menampilkan grafis game yang halus dengan respon sentuhan yang cepat dan akurat. Selain itu, sistem keamanan HP telah dilengkapi dengan pemindai sidik jari yang terletak di bodi samping untuk memudahkan pengguna membuka atau mengunci HP dengan cepat.

Dengan Oppo A57 2022, Anda dapat menikmati pengalaman gaming dan multitasking yang memuaskan dengan layar besar dan teknologi layar yang canggih.

4. Suara Speaker Stereo Jernih

Oppo tak hanya memperhatikan tampilan dan performa, tapi juga kebutuhan pengguna untuk mendapatkan kualitas audio yang optimal pada ponsel kelas menengah. Itulah sebabnya Oppo A57 hadir dengan fitur Ultra-linear Stereo Speaker yang didukung teknologi DIRAC 3.0.

Dengan speaker utama yang ditempatkan di bagian bawah dan speaker sekunder yang terintegrasi dengan earpiece di bagian atas, Oppo A57 menjanjikan kualitas suara yang jernih bahkan ketika volume ditingkatkan hingga 100%.

Hal ini akan memberikan pengalaman audio yang memuaskan bagi para pengguna yang gemar menonton video atau mendengarkan musik melalui ponsel mereka.

5. Kamera Selfie Dengan Mode Malam

Oppo memasang kamera-kamera dengan spesifikasi kekinian pada A57, termasuk 2 kamera belakang dan satu kamera depan. Kamera utama memiliki sensor 13 MP dengan bukaan f/2.2 dan autofocus open-loop focus motor, sedangkan kamera kedua beresolusi 2 MP dengan bukaan f/2.4 dan berfungsi sebagai kamera AI.

Mode yang tersedia termasuk Portrait, Sticker, Panorama, Pro Mode, Time Lapse, dan Short Video. Kamera depan memiliki resolusi 8 MP (f/2.0) dan dilengkapi dengan mode malam. Perekaman video maksimal adalah FHD 30 fps untuk kamera utama dan depan, dengan audio yang jernih dan bersih.

Dalam sampel jepretan yang diambil oleh akun Youtube Ashige Gadget, hasil jepretan kamera utama terlihat bagus pada kondisi pencahayaan yang cukup, sedangkan kamera depan menghasilkan foto dengan detail dan akurasi warna yang natural.

6. SuperVOOC 33W

Oppo A57 2022 hadir dengan baterai berkapasitas 5000 mAh yang dapat bertahan lama dalam penggunaan sehari-hari. Bahkan untuk gaming atau mengakses media sosial sekalipun, baterai ini mampu bertahan lama. Tidak hanya itu, sistem manajemen dayanya juga terbilang bagus meskipun layar HP ini lebar.

Namun yang lebih menarik lagi, Oppo A57 2022 dilengkapi dengan teknologi pengisian cepat SuperVOOC 33W. Charger beserta kabelnya disertakan dalam paket penjualan, sehingga pengguna bisa mengisi baterai dari kosong hingga 50% hanya dalam waktu 30 menit.

Selanjutnya, dalam hal konektivitas, Oppo A57 2022 tidak kalah lengkap dari ponsel kelasnya. Selain jaringan seluler 4G, ponsel ini juga mendukung WiFi dual-band dan Bluetooth 5.3.

Kekurangan Oppo A57

Kekurangan Oppo A57

Selain dari enam kelebihan yang telah disebutkan sebelumnya, ada empat aspek lain yang perlu Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk membeli Oppo A57 2022. Namun, keempat aspek ini dapat dianggap sebagai kekurangan atau tidak, tergantung pada persepsi masing-masing dalam menilai ponsel ini.

1. Desain Kamera Depan Jadul

Sebagai salah satu mid-range phone terbaru di tahun 2022, pengguna smartphone pastinya berharap akan desain yang lebih menarik pada seri A ini. Pada bagian belakang dan modul kameranya, Oppo A57 4G ini memang tampil lebih segar dan premium.

Namun, pada sisi depannya, desain kamera depan dan bezel terasa agak mengganggu. Oppo masih mempertahankan desain kamera waterdrop yang kurang populer daripada desain punch hole yang lebih modern. Ditambah lagi, bezel HP ini cukup tebal sehingga terlihat kurang elegan dan terkesan murahan.

2. Layar Masih 60 Hz

Oppo membekali ponsel terbarunya dengan layar 6,5 inci yang mampu menampilkan detail dan warna dengan baik. Namun, jika dilihat secara detail, Oppo A57 4G hanya dilengkapi dengan refresh rate 60 Hz saja.

Padahal, di kelas yang sama sudah banyak HP Android 4G dengan refresh rate lebih tinggi. Meski pengaruhnya tidak signifikan, tetapi refresh rate yang lebih tinggi dapat memberikan pengalaman penggunaan layar yang lebih nyaman.

3. Chipset Kalah Saing

Mediatek Helio G35 merupakan SoC kelas menengah ke bawah yang akan memberikan kinerja tinggi dan memaksimalkan usia baterai untuk pengalaman gaming yang lebih lama dan dinamis.

Chipset ini terdiri dari delapan core CPU, yaitu empat core berbasis Cortex A53 (2,3 GHz) dan empat core berbasis Cortex A53 (1,8 GHz). Selain itu, chipset ini juga memiliki GPU IMG PowerVR GE8320 650MHz, teknologi HyperEngine, teknologi kamera AI terbaru, dan modul 4G terbaru untuk SIM 4G ganda.

Oppo A57 hadir dengan RAM 4 GB dan memori internal 64 GB, serta teknologi RAM Expansion yang memungkinkan RAM ditambah 4 GB menjadi 8 GB. Dalam pengujian benchmark sintetis, Oppo A57 mencetak skor 114.176 pada AnTuTu 9, yang masih cocok untuk multitasking harian dan bermain game ringan.

Namun, perlu diingat bahwa performa chipset ini kurang cocok untuk bermain game kelas berat dengan pengaturan grafis tinggi. Hal ini perlu dipertimbangkan jika Anda mencari HP mid-range di harga Rp2 jutaan.

4. Kualitas Kamera Utama Biasa Saja

Oppo A57 2022 yang dibanderol dengan harga 2 jutaan, rupanya tidak memiliki kualitas kamera yang dapat memuaskan hati para pengguna smartphone. Meskipun dilengkapi dengan dua kamera belakang, yaitu kamera utama 13 MP dan 2 MP kamera AI, hasil jepretannya tak sehebat kamera pada seri Oppo lain yang menggunakan kamera 50 MP.

Meskipun fokus kamera utamanya cukup baik, namun pada kondisi pencahayaan yang kurang, kamera 13 MP ini masih menimbulkan kontras warna yang tidak sesuai dan noise yang mengganggu, meski tidak terlalu sering.

Sehingga, bagi Anda yang ingin memotret dengan hasil yang maksimal, kamera Oppo A57 ini mungkin kurang memadai. Namun, jika hanya untuk berfoto-foto biasa untuk keperluan media sosial, kualitas kamera ini masih dapat diterima.

Kesimpulan

Mengutip dari kelebihan dan kekurangan Oppo A57 diatas, Oppo berusaha meningkatkan seri A mereka ke level yang lebih tinggi dengan Oppo A57 2022 yang memiliki spesifikasi yang seimbang di kelasnya.

Meski layar lebarnya cukup nyaman untuk penggunaan sehari-hari, chipset yang tidak terlalu kuat membuatnya kurang nyaman untuk bermain game berat.

Namun, baterai 5000 mAh dengan SuperVOOC 33W membuat pengisian daya menjadi lebih cepat. Bagi mereka yang mencari desain premium dengan spesifikasi menengah, Oppo A57 2022 adalah pilihan yang layak. Menurut Anda, apakah HP ini menarik untuk dimiliki?

Read Too:  Kelebihan dan Kekurangan Oppo Reno6 5G, Baca Sebelum ini Beli!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *