AEPone

Kelebihan dan Kekurangan Oppo A15s, Cek Ini Sebelum Beli!

Kelebihan dan Kekurangan Oppo A15s, Cek Ini Sebelum Beli!

AEPone.com – Menurut versi kami, Oppo A15s memiliki 10 kelebihan dan kekurangan yang dapat menjadi pertimbangan Anda sebelum membelinya. Ponsel ini memiliki 5 kelebihan dan 5 kekurangan.

Oppo, tidak lama setelah meluncurkan Oppo Reno5 Series pada Januari 2021, telah meluncurkan produk terbarunya dengan cepat. Mereka membawa Oppo A15s, sebuah smartphone kelas entri yang diharapkan dapat memicu antusiasme konsumen.

Nama ponsel ini mengikuti tren banyak produsen dengan menambahkan akhiran “s” untuk menandakan kemajuan dari versi sebelumnya. Oleh karena itu, Oppo A15s dianggap sebagai penerus dari Oppo A15 yang dirilis pada Oktober 2020.

Review Kelebihan dan Kekurangan Oppo A15s

Kedua ponsel ini terlihat mirip satu sama lain, tetapi Oppo pasti telah menambahkan beberapa peningkatan ke Oppo A15s untuk membuatnya menarik bagi konsumen.

Oleh karena itu, kami akan memberikan ulasan singkat tentang kelebihan dan kekurangan Oppo A15s dalam format poin-poin untuk membantu Anda membuat keputusan yang lebih mudah. Namun, sebelum membahas lebih jauh, mari kita lihat spesifikasi utama dari Oppo A15s terlebih dahulu.

Detail Spesifikasi

Detail Spesifikasi

  • Layar: IPS LCD 6,52 inci
  • Chipset: MediaTek MT6765 Helio P35 (12 nm)
  • GPU: PowerVR GE8320
  • RAM: 4 GB
  • Memori Internal: 64 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 13 MP + 2 MP+ 2 MP
  • Kamera Depan: 8 MP
  • Baterai: Li-Po 4230 mAh

|

Kelebihan Oppo A15s

kelebihan dan kekurangan oppo a15s

Anda pasti penasaran, apa saja yang membuat Oppo A15s begitu menarik? Ternyata, ada setidaknya lima poin kelebihan yang dimiliki oleh ponsel Oppo A15s ini. Penasaran ingin tahu? Yuk, simak ulasan berikut ini:

1. Bodi Ringan

Material polikarbonat kembali menjadi tren di antara produsen ponsel, meskipun dalam beberapa tahun terakhir, produsen lebih memilih menggunakan material logam aluminium atau kaca. Hal ini tidak terkecuali untuk ponsel kelas entri.

Namun, Oppo A15s adalah salah satu ponsel yang mengambil keuntungan dari popularitas material polikarbonat. Meskipun tidak sekuat aluminium, bahan ini lebih ringan dan lebih tahan lama daripada kaca. Selain itu, harga material polikarbonat juga jauh lebih terjangkau.

Tidak hanya ringan dan tahan lama, Oppo A15s juga memiliki dimensi 164 x 75,4 x 7,9 mm dan berat hanya 177 gram, sehingga nyaman digenggam dalam jangka waktu yang lama. Tampilan elegan juga diperoleh berkat bodinya yang tipis dan warna glossy yang tersedia: Dynamic Black dan Mystery Blue. Warna-warna tersebut tidak meninggalkan sidik jari dan tidak terlalu licin saat digenggam.

2. Tampilan Layar Oke

Meskipun layar Oppo A15s hanya memiliki resolusi panel IPS HD+ (720 x 1600 piksel) dan laju penyegarannya 60Hz, namun kecerahan layarnya cukup tinggi di kelasnya, yakni 480 nit.

Dengan ukuran 6,52 inci, Anda tak akan kesulitan memandangi isi layar meskipun di luar ruangan. Selain itu, layarnya juga sudah dilapisi Gorilla Glass 3 yang membuatnya lebih tahan goresan, sehingga Anda tidak perlu khawatir jika terkena goresan karena bersenggolan dengan benda keras.

A15s cocok bagi Anda yang sedang mencari Oppo harga 2 juta kebawah yang dibekali dengan spesifikasi layar yang terbilang masih mampu bersaing dengan ponsel keluaran terbaru saat ini.

3. Kamera Depan Cukup Bagus

Perbedaan mencolok antara Oppo A15s dan Oppo A15 terletak pada kamera depannya. Oppo A15s menawarkan peningkatan resolusi kamera depan menjadi 8 MP, naik 3 MP dari seri pendahulunya.

Selain itu, diafragma kamera depan juga ditingkatkan dari f/2.2 menjadi f/2.0, sehingga potensi menghasilkan gambar yang lebih apik semakin besar. Oppo A15s juga dilengkapi dengan lensa kamera depan 5P yang bagus dan fitur pemrosesan AI Beautification yang semakin mempercantik hasil jepretan Anda.

Jadi, tidak perlu khawatir lagi soal tampilan wajah yang kurang memuaskan dalam swafoto.

4. Memori Besar

Oppo A15s memiliki beberapa perbedaan mencolok dengan pendahulunya, terutama di sektor penyimpanan internal, RAM, dan kamera depan. Dibandingkan Oppo A15 yang hanya memiliki memori internal 32 GB dan RAM 3 GB, Oppo A15s lebih lapang dengan memori internal 64 GB dan RAM 4 GB. Tidak perlu khawatir kehabisan ruang penyimpanan, karena ponsel ini juga dilengkapi dengan slot microSD terpisah yang mendukung kartu hingga 256 GB.

Selain itu, kamera depan Oppo A15s juga semakin canggih dengan resolusi 8 MP dan diafragma f/2.0 yang lebih besar. Kombinasi kedua hal tersebut berpotensi menghasilkan gambar yang lebih tajam dan jernih, terlebih lagi dengan bantuan teknologi AI Beautification dan lensa 5P yang bagus. Sedangkan, peningkatan RAM memungkinkan pengguna melakukan multitasking dengan lebih lancar dan cepat, bahkan ketika membuka banyak aplikasi sekaligus.

5. Sistem Navigasi dan WiFi

Oppo A15s memiliki sistem navigasi yang lebih lengkap dibandingkan dengan Oppo A15. Selain GPS, A-GPS, GLONASS, dan BDS, Oppo A15s juga mendukung GALILEO. Dukungan sistem navigasi yang lebih banyak memberikan ketenangan saat berada di situasi terburuk.

Jika salah satu sistem navigasi mengalami gangguan, Oppo A15s akan secara otomatis terhubung dengan sistem navigasi lainnya. Selain itu, dalam hal konektivitas WiFi, Oppo A15s sudah mendukung WiFi generasi kelima alias WiFi AC.

Meskipun WiFi 5 yang berjalan di frekuensi 5 GHz tidak lebih kuat dari generasi sebelumnya (2,4 GHz), koneksi internet yang menggunakan WiFi 5 memiliki latensi (ping) yang lebih rendah. Latensi yang rendah akan membuat koneksi makin stabil, sehingga Anda terhindar dari lag ketika memainkan gim online.

Kekurangan Oppo A15s

Kekurangan Oppo A15s

Ketika mempertimbangkan untuk membeli sebuah produk, pasti ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dijadikan pertimbangan. Begitu juga dengan Oppo A15s. Meskipun memiliki banyak kelebihan, ada beberapa kekurangan yang perlu dicatat. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk membeli Oppo A15s, ada baiknya untuk mempertimbangkan beberapa poin berikut ini.

1. Pengisian Baterai Lambat

Meski Oppo A15s memiliki kapasitas baterai yang cukup besar, teknologi pengisian yang kurang memadai menjadi kekurangan yang patut diperhatikan. Dibekali dengan chipset MediaTek P35 yang sebenarnya mendukung pengisian cepat, Oppo A15s malah tidak memanfaatkannya.

Selain itu, adaptor yang disertakan hanya 10 Watt, membuat waktu pengisian ponsel menjadi lebih lama. Hal ini bisa menguji kesabaran Anda karena waktu pengisian penuh Oppo A15s dapat mencapai tiga jam. Namun, dengan manajemen daya yang baik, Anda masih bisa menggunakan ponsel ini seharian tanpa khawatir kehabisan baterai.

2. Port USB Kuno

Walaupun penggunaan port microUSB tipe B di HP tidak menjadi masalah yang sangat krusial, namun Oppo A15s terlihat sedikit ketinggalan dengan perangkat lain yang sudah menggunakan USB tipe C. Bahkan beberapa laptop terbaru telah mengadopsi penggunaan USB tipe C sebagai colokan adaptornya.

Keadaan ini bisa menjadi masalah saat Anda kehabisan baterai dan lupa membawa charger. Anda tidak bisa meminjam charger teman karena colokannya berbeda. Selain itu, bentuk port microUSB tipe B yang berbeda di bagian atas dan bawah cukup berisiko. Saat Anda tidak hati-hati dalam mencolokkan kabel dengan posisi terbalik, port di HP bisa langsung rusak.

3. Chipset Lawas

Meskipun tergolong irit daya dan memiliki delapan inti, chipset MediaTek Helio P35 terlihat agak ketinggalan zaman jika dibandingkan dengan chipset kelas entri baru, seperti seri G.

Helio P35 telah diluncurkan pada kuartal pertama 2019, sementara Helio G35, yang jelas lebih powerful, keluar pada kuartal kedua 2020. Menurut pengujian Antutu 8 yang dilakukan oleh situs nanoreview, Helio P35 hanya membukukan skor GPU 13274, sementara Helio G35 mencapai 13274.

Hal ini memberikan gambaran bahwa Helio P35 kurang cocok untuk memainkan gim berat, meskipun masih bisa dimanfaatkan untuk gim-gim seperti Mobile Legend, PUBG Mobile, dan Free Fire dengan pengaturan grafik yang wajar.

4. Sensor Minim

Oppo A15s menghadirkan sejumlah kekurangan pada sektor sensor. Hanya ada sensor akselerometer, proksimiti, dan pemindai sidik jari yang tersedia. Sementara sensor cahaya, giroskop, dan kompas tidak dilengkapi. Karena sensor cahaya tidak tersedia, Anda harus menyesuaikan kecerahan layar secara manual ketika berpindah antar-ruangan atau ke luar ruangan.

Tidak adanya sensor giroskop juga dapat mempengaruhi pengalaman gaming, terutama pada gim yang membutuhkan gerakan layar. Namun, meski tanpa sensor giroskop, memainkan gim seperti PUBG Mobile masih memungkinkan dengan menggunakan sentuhan layar. Ketidakhadiran sensor kompas juga menjadi kendala, di mana untuk mengetahui arah mata angin, koneksi internet selalu dibutuhkan.

5. Tanpa Kamera Ultrawide

Ketika memilih kamera ponsel, beberapa orang lebih memprioritaskan lensa ultrawide daripada lensa makro. Terutama bagi masyarakat Indonesia yang cenderung senang berfoto bersama teman-teman dengan jumlah yang banyak.

Lensa ultrawide pada kamera belakang dapat membantu mengabadikan momen tersebut dengan lebih baik. Di sisi lain, lensa makro pada Oppo A15s hanya cocok untuk penggemar fotografi objek kecil seperti bunga atau semut. Karena itu, kekurangan kamera ultrawide pada Oppo A15s dapat menjadi kendala tersendiri.

Terlebih lagi, pada kelas harga yang sama (Rp1,9-2,3 jutaan), beberapa pesaing Oppo A15s sudah dilengkapi dengan kamera ultrawide. Seperti halnya Xiaomi Redmi 9, Xiaomi Redmi 9T, realme C15, realme C15 Holiday Edition, realme narzo 20, dan Samsung Galaxy A12.

Selain itu, keenam ponsel tersebut juga sudah dilengkapi dengan teknologi pengisian cepat, port USB tipe C (kecuali realme C15 dan C15 Holiday Edition), dan chipset yang lebih baru. Oleh karena itu, Oppo A15s bukanlah ponsel yang cocok untuk semua orang.

Kesimpulan

Mengutip dari beberapa kelebihan dan kekurangan yang di miliki hp Oppo A15s diatas, ponsel ini memiliki cukup banyak kelebihan yang bisa diAndalkan. Namun, Ia juga memiliki kekurangan yang tentu dapat menjadi pertimbangan Anda sebelum membelinya.

Read Too:  Kelebihan dan Kekurangan Infinix Hot 20 5G, Cek Disini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *